Selasa, 13 September 2011

Resume Pemrograman Berorientasi Objek

TIGA PILAH OOP :
1.a.INHERITANCE
 Pengertian:
            Proses pewarisan data dan method dari suatu kelas kepada kelas yang errkelas asalnya akan diturunkan kepada kelas baru.Kelas yang mewariskan disebut Kelas Super(Super class),sedangkan kelas yang diwariskan disebut kelas subKelas(sub class).Dalam beberapa referensi,kelas super disebut juga kelas induk,sementara sub-kelas sebagai kelas anak.
Bila dalam hierarki kelas,kelas induk mendapatkan juga pewarisan dari kelas lainnya,maka data dan method yang bersal dari kelas tersebut akan ikut diwariskan pula kepada kelas anaknya.Sebagai contoh ,kelas C merupakan kelas yang diwariskan dari kelas induk B.Sementara itu,kelas B mendapat sebagian besar data dan methodnya dari proses pewarisan kelas A,maka secara otomatis data dan method yang bersal dari kelas A juga akan diwariskan kepada kelas C.

1.Bersifat Reusable
            Salah satu keuntungan OOP adalah bersifat Reusable.Bayangkan bila anda perlu membuat beberapa kelas yang berasal dari basis yang sama(data dan methodnya sama),namun pada masing-masingnya akan ditambahkan data atau method yang khusus.Tanpa inheritance,anda harus menyalin semua data dan method dari suatu kelas.

2.Kemudahan dalam me-manage kelas yang memliki data dan method yang sama.
Bila anda ingin memodofikasi suatu data atau method untuk semua SubKelas,anda tidak perlu melakukan perubahan pada masing-masing SubKelas.Modifikasi cukup dilakukan pada kelas super yang menjadi basis dari SubKelas tersebut.

1.b.Overriding Data dan method
Ialah kemampuan suatu SubKelas untuk memodifikasi data dan method dari kelas induknya.Overriding disebut juga redefinisi data dan method.Proses ini akan mengubah data dan method dari keduanya,kelas induk dan kelas anaknya.Ada dua alasan mengapa melakukan overriding:
1.Mendefinisikan kembali method kelas induknya secara total
2.Menambahkan behaviour tertentu pada method kelas induknya.

1.c.Keyword extends
Digunakan keyword Extends untuk mengaplikasikan konsep pewarisan (inheritance).Keyword ini menyatakan bahwa suatu kelas merupakan perluasan dari kelas lain yang dijadikan basis (kelas induknya).



1.d.Keyword Super
Keyword ini digunakan oleh suatu kelas anak untuk memanggil konstruktor atau method yang dimiliki oleh kelas induk yang menjadi basisnya.

2.ENCAPSULATION(Enkapsulasi)
            Ialah bagaimana anda “membungkus” data dan method yang menyusun kelas sehinggga kelas dapat dipandang sebagai suatu modul.Termasuk disini adalah menentukan tingkat aksesibilitas dari masing-masing data dan method serta menyembunyikan detail implementasinya dari “dunia luar”.Dalam pemrograman,menyembunyikan detail ini dikenal dengan istilah Information Hidding.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menerapkan prinsip enkapsulasi:
1.Bersifat independen
Suatu modul yang terenkapsulasi dengan baik akan bersifat independen dari modul lainnya sehingga dapat digunakan pada bagian manapun dari program.Ia tidak akan terikat pada bagian tertentu dari program.
2.Bersifat transparan
Bila anda melakukan modifikasi pada suatu modulo,maka perubahan tersebut akan dirasakan juga oleh bagian program yang menggunakan modul tesebut.
3.Menghindari efek yang diluar perencanaan
Modul yang terenkapsulasi dengan baik hanya akan berinteraksi dengan bagian program lainnya melalui variabel-variabel input/output yang telah didefinisikan sebelumnya.Dengan demikian ,akan mereduksi kemungkinan adanya hasil imbas pemrosesan yang diluar perencanaan semula.

3.POLYMORPHISM
Ialah sesuatu yang memiliki banyak bentuk.Dalam pemrograman ,istilah polymorfi dapat diartikan sebagai modul yang memiliki nama sama ,namun memiliki behaviour (tingkah laku yang berbeda) sehingga listing code implementasinya berbeda.
            Polymorfi dapat diilustraasikan sebagai berikut,perhatikanlah penggunaan kata “mentah” dalam beberapa kalimat.”sayuran itu masih mentah,belum dimasak”,”pukulan petinju itu berhasil dimentahkan oleh lawannya”.”Gagasan ini masih mentahsehingga perlu dibahas kembali”.Kata “Mentah” pada mcontoh diatas dapat diaplikasikan pada berbagai objek dan dapat di interpretrasikan kedalam beberapa makna.

ada enam keuntungan yang diperoleh dari menggunakan OOP:
  1. Alami(Natural)
  2. Dapat diandalkan(Reliable)
  3. Dapat digunakan kembali (Resuable)
  4. Mudah untuk di-maintain (Maintainable)
  5. Dapat diperluas (extendable) dan terakir
  6. Efisiensi Waktu.


Modifier
Adalah keyword yang digunakan sebagai pelengkap suatu unsur (kelas/method/variabel) dan berfungsi menjelaskan bagaimana hubungan diantara unsur-unsur tesebut.Misalnya bagaimana hubungan antara method dan variabel dari suatu kelas terhadap method dan variabel dari kelas yang lain,bagaimana hubungan kelas terhadap objek yang merupakan instansnya dan sebagainya.Karena bersifat melengkapi,maka modifier ini bersifat opsional.

Berikut ini 5 jenis modifieryang sering digunakan dalam java
1.public,private,protected
  Modifier yang digunakan untuk mengatur aksesbilitas suatu kelas/method/variabel
  Public
             Akan membuat kelas/method/variabel yang dimiliki oleh suatu kelas bersifat available terhadap semua kelas,baik yang terletak dalam package yang sama maupun berbeda.
Private
            Bersifat menyembunyikan method atau variabel dari kelas lain secara total,artinya kedua unsur itu hanya bisa diakses oleh kelas itu sendiri.Kelas yang lain ,serta objek yang diinstans dari kelas yang lain sama sekali tidak dapat memanggil method dan variabel yang dideklarasikan sebagai private.
Protected
Bersifat membatasi akses terhadap method dan variabel suatu kelas , namun tidak bersifat total.
2.Static
             Dipakai untuk menyatakan bahwa suatu method dan variabel hanya dimiliki oleh kelas yang bersangkutan dan tidak dapat diserahkan kepada objek pada saat instansiasi.maksudnya , meskipun anda dapat menciptakan objek dari kelas tersebut ,namun anda tidak dapat mengakses method dan variabel melalui objek tersebut.

3.Final
 Digunakan bila suatu unsur (kelas/method/variabel)memili nilai yang tetap (tidak dapat diubah).

4.Abstract
            Digunakan pada kelas atau mehod untuk menyatakan bahwa unsur-unsur tersebut tidak dapat secara langsung diinstansiasi menjadi objek.

5.Synchronized,transient,dan volatile
 Digunakan pada pemrograman yang mempertimvangkan faktor thread.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About