Senin, 14 November 2011

Resume pertemuan 8

Nama:Ariocky Agustinus
Nim : 10.41010.0256
dosen :Tan Amelia
ADO .NET
ActiveXDataObjects(ADO) untuk framework.NET. merupakan class yang berisi komponen untuk melakukan interaksi dengan database ,meliputi koneksi ,akses dan manipulasi data.
Sebagian besar aplikasi membutuhkan akses data pada satu titik waktu membuatnya menjadi komponen penting ketika bekerja dengan aplikasi. Akses data adalah membuat aplikasi berinteraksi dengan database, di mana semua data disimpan. Aplikasi yang berbeda memiliki persyaratan yang berbeda untuk mengakses database. VB. NET menggunakan ADO NET (Active X Data Object). Sebagai akses data itu dan protokol manipulasi yang juga memungkinkan kita untuk bekerja dengan data di Internet. Mari kita lihat mengapa ADO. NET datang ke dalam gambar menggantikanADO.




Evaluasi dari ADO.NET
Data pertama model akses, DAO (Data model akses) diciptakan untuk database lokal dengan built-in mesin Jet yang memiliki kinerja dan masalah fungsi. Berikutnya datang RDO (Remote Data Object) dan ADO (Active Data Object) yang dirancang untuk arsitektur Client Server, tetapi segera mengambil alih RDO ADO. ADO adalah arsitektur yang baik tetapi sebagai perubahan bahasa sehingga adalah teknologi. Dengan ADO, semua data yang terkandung dalam objek recordset yang memiliki masalah ketika diimplementasikan pada jaringan dan firewall penetrasi. ADO adalah akses data yang terhubung, yang berarti bahwa ketika koneksi ke database didirikan sambungan tetap terbuka sampai aplikasi ditutup. Membiarkan sambungan terbuka untuk seumur hidup aplikasi menimbulkan keprihatinan tentang keamanan database dan lalu lintas jaringan. Juga, sebagai database menjadi semakin penting dan karena mereka melayani lebih banyak orang, model data akses terhubung membuat kita berpikir tentang produktivitas. Sebagai contoh, aplikasi dengan akses data yang terhubung dapat melakukannya dengan baik ketika terhubung ke dua klien, sama mungkin melakukan buruk ketika terhubung ke 10 dan mungkin tidak dapat digunakan saat terhubung ke 100 atau lebih. Juga, koneksi database terbuka menggunakan sumber daya sistem sampai batas maksimal membuat kinerja sistem yang kurang efektif.

The ADO.NET Data Architecture
Akses Data di ADO.NET bergantung pada dua komponen: Penyedia DataSet dan Data.

DataSet

            Dataset adalah, diputus dalam-memori representasi data. Hal ini dapat dianggap sebagai salinan lokal dari bagian yang relevan dari database. DataSet adalah bertahan dalam memori dan data di dalamnya dapat dimanipulasi dan diperbarui independen dari database. Ketika penggunaan DataSet ini selesai, perubahan dapat dilakukan kembali ke pusat database untuk memperbarui. Data dalam DataSet dapat dimuat dari sumber data yang valid seperti database server Microsoft SQL, Oracle atau database dari database Microsoft Access.


Cara mengisi :
dataset1.tables.add                            == dataset2.tables.add
dataset1.relations.add                        == dataset2.relations.add
dataset1.write.xml                             == dataset2.write.xml
dataset1.tables("tbl1").coloum.add     == dataset2.tables("tbl2").coloum.add

Penyedia Data

            Data Provider bertanggung jawab untuk menyediakan dan memelihara koneksi ke database. Sebuah dataProvider adalah seperangkat komponen terkait yang bekerja sama untuk menyediakan data secara efisien dan kinerja didorong. . NET Framework saat ini dilengkapi dengan dua DataProviders: SQL Data Provider yang dirancang hanya untuk bekerja dengan SQL Server 7.0 Microsoft atau lambat dan dataProvider OLEDB yang memungkinkan kita untuk terhubung ke database jenis lain seperti Access dan Oracle. Setiap dataProvider terdiri dari kelas komponen berikut:

* Object Connection yang menyediakan koneksi ke database
* Object Command yang digunakan untuk mengeksekusi perintah
* Obyek DataReader yang menyediakan forward-only, read only, recordset terhubung
* Obyek DataAdapter yang populasikan DataSet terputus dengan data dan melakukan  
   pembaruan

Akses data ADO.NET dengan dapat diringkas sebagai berikut:

Sebuah objek koneksi menetapkan koneksi untuk aplikasi dengan database. Para objek perintah menyediakan eksekusi langsung perintah ke database. Jika perintah kembali lebih dari satu nilai tunggal, objek perintah mengembalikan dataReader untuk menyediakan data. Atau, DataAdapter dapat digunakan untuk mengisi objek Dataset. Database dapat diperbarui menggunakan objek perintah atau DataAdapter.


Komponen kelas yang membentuk Penyedia data
1.Obyek Koneksi

            Object Connection menciptakan koneksi ke database. . Microsoft Visual Studio NET menyediakan dua jenis kelas Koneksi: obyek SqlConnection, yang dirancang khusus untuk menghubungkan ke Microsoft SQL Server 7.0 atau lambat, dan objek OleDbConnection, yang dapat menyediakan koneksi ke berbagai jenis database seperti Microsoft Access dan Oracle. Object Connection berisi semua informasi yang diperlukan untuk membuka koneksi ke database.

2.Objek Command

Object Command diwakili oleh dua kelas yang sesuai: SqlCommand dan OleDbCommand. Objek Command digunakan untuk mengeksekusi perintah ke database di sambungan data. Objek Command bisa digunakan untuk mengeksekusi prosedur yang tersimpan pada database, perintah SQL, atau kembali tabel lengkap langsung. Objek Command menyediakan tiga metode yang digunakan untuk mengeksekusi perintah pada database:

ExecuteNonQuery: Melaksanakan perintah yang memiliki nilai yang tidak kembali seperti INSERT, UPDATE atau DELETE
ExecuteScalar: Mengembalikan nilai tunggal dari query database
ExecuteReader: Mengembalikan hasil set dengan cara objek dataReader


3.data Reader

            Obyek DataReader menyediakan forward-only, read-only, recordset aliran terhubung dari database. Tidak seperti komponen lain dari Data Provider, obyek DataReader tidak dapat secara langsung instantiated. Sebaliknya, dataReader dikembalikan sebagai hasil dari metode ExecuteReader object Command itu. Metode SqlCommand.ExecuteReader mengembalikan sebuah objek SqlDataReader, dan metode OleDbCommand.ExecuteReader mengembalikan sebuah objek OleDbDataReader. DataReader dapat memberikan baris data langsung ke logika aplikasi ketika Anda tidak perlu menyimpan data dalam memori cache. Karena hanya satu baris dalam memori pada satu waktu, dataReader menyediakan overhead terendah dalam hal kinerja sistem tetapi memerlukan penggunaan eksklusif dari sebuah object Connection terbuka untuk seumur hidup dataReader tersebut.

4.Obyek Data Adapter

            DataAdapter adalah kelas inti dari terputus akses data ADO NET.. Ini pada dasarnya adalah perantara memfasilitasi semua komunikasi antara database dan DataSet. DataAdapter digunakan baik untuk mengisi DataTable atau DataSet dengan data dari database dengan metode Isi itu. Setelah data memori-penduduk telah dimanipulasi, DataAdapter bisa melakukan perubahan ke database dengan memanggil metode Update. DataAdapter menyediakan empat sifat yang mewakili perintah database:

SelectCommand
InsertCommand
DeleteCommand
UpdateCommand

Ketika Update metode disebut, perubahan dalam DataSet yang disalin kembali ke database dan yang sesuai InsertCommand, DeleteCommand, atau UpdateCommand dieksekusi.


5.ObjectDataSet
Digunakan untuk membuka data column (kolom) maupun data row (baris) dari suatu data table(tabel).

6.ObjectDataTable
Bagian yang digunakan untuk merepresentasikan sebuah tabel.

7.Object Data Row
Digunakan untuk merepresentasikan sebuah record( barisdata) dari tabel.

Connected Application

Connected Application merupakan aplikasi yang menggunakan data pada database lokal yang terdapat pada komputer client dan secara berkala melakukan sinkronisasi antara data pada database lokal dan database server. Sinkronisasi data tersebut difasilitasi oleh ADO.NET.
Contoh:
Standar :
“Data Source=MyComputer; Initial Catalog=pubs; User Id=aa;Password=1234;”
 
         OLEDBConnection:  
         “Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0; Data Source=\path\mydb.mdb; User Id=admin;Password=;“
 
Trusted Connection :
“Data Source=MyComputer; Initial Catalog=pubs; Integrated Security=TRUE;”
      Oracle Express:
      Dim oraConn As New OracleConnection("Data Source=XE;Persist Security Info=True;User    
      ID=User;PASSWORD=Pass")


       Oracle:
     Dim oraConn As New OracleConnection (“Data Source=ORCL;
    User Id=username;Password=passwd;

    Integrated Security=no;” )


Opening and Closing Connection
Opening
Sebuah method yang digunakan untuk kontak dengan sumber data / database dan untuk membuka koneksi
Closing
Sebuah method yang digunakan untuk mematikan koneksi / mengakhiri koneksi.
 
Method Sql Command 
  * ExecuteScalar
     SQL scalar (perlu data reader)
 
  * Execute Non Scalar
     Untuk insert,update,delete (tidak perlu data reader) 
 
  * Execute XML reader
    
   * ExecuteReader
      Untuk menampilkan banyak nilai (multiple nilai).merupakan perintah SQL select

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About